SMK PGRI 1 KEDIRI - Multimedia-SEJARAH AIR TERJUN DOLO

Posted by

Air Terjun Dholo adalah salah satu tempat wisata air terjun  yang terletak di Dusun Besuki,desa jugo  kecamatan mojo,kabupaten kediri, jawa timur. Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850 meter), yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut.
Menurut cerita penduduk setempat di kawasan air terjun Dolo pada zaman dahulu tepatnya pada zaman kewalian di sekitar air terjun Dolo tepatnya di sebelah kanan air terjun ada sebuah pohon besar yang tergantung di atasnya sebuah benda yang sangat misterius, benda tersebut adakalanya dapat dilihat adakalanya tidak dapat dilihat. Dari kisah itu maka muncullah kata Dolo untuk air terjun tersebut, yang mempunyai arti sesuatu yang tergantung (gemandul).
Bagi pengunjung dari luar Kediri dan ingin bermalam, Air Terjun Dolo menyediakan beberapa pilihan. Untuk yang sering camping di gunung, area camping ground di sekitar air terjun ini siap digunakan untuk mendirikan tenda. Sementara untuk kamu yang lebih memilih suasana yang lebih mewah bisa menyewa villa yang lokasinya sekitar 4 km dari air terjun.
Selain itu disekitar kawasan air terjun  juga bisa digunakan untuk olah raga pagi seperti jogging dan mendaki disana ada warung dan mushola bagi pengunjung yang lelah dan ingin beristirahat dan beribadah.
Bagi pengguna kendaraan umum, dari terminal bus Tamanan Kota Kediri, naik angkutan pedesaan jurusan ke Kecamatan Mojo. Kemudian, turun di Desa Besuki, dilanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun. Selain dengan berjalan kaki dari desa Besuki dapat menggunakan jasa sewa ojek atau angkutan pedesaan.

Dari area pintu gerbang masuk perjalanan dilanjutkan sekitar 200 m menuju area parkir kendaraan.  Dan akhirnya dari area parkir diteruskan dengan berjalan kaki ke lokasi air terjun tersebut berada. Bagi pengunjung disana akan merasakan kepuasan dan keindah yang tidak akan terlupakan seumur hidupnya.
Tiket masuk adalah Rp 3000 per orang.  Sedangkan biaya parkir adalah Rp 1000 per kendaraan untuk roda dua.
Created by ~ Abdul Gofar Class X-TMM


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




blogging Updated at: 7:14 PM

0 comments:

Post a Comment