Hari Pahlawan "Sekali Merdeka Tetap Merdeka "

Posted by

" SALAM MERDEKA "
"sekali merdeka tetap merdeka " itu kata kata yang terlontar oleh Bung Tomo pada saat peristiwa 10 November 1945 di Kota Surabaya Jawa Timur.
Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara tentara indonesia dan pasukan Britania Raya.
Kejadian tersebut merupakan perang pertama pasukan indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
Insiden yang paling terkenal yaitu terjadi di Hotel Yamato Tunjungan Surabaya, sekelmpok orang Belanda di bawah pimpinan Mr. W.V.CH. Ploegman pada malam hari tanggal 18 September 1945, tepatnya pukul 21.00 mengibarkan bendera Belanda (merah-Putih-Biru) tanpa persetujuan Pemerintah RI Daerah Surabaya , di tiang pada tingkat teratas Hotel yamato.
di kemudian itu para pemuda surabaya marah melihat bendera surabaya dianggap menghina kedaulatan Indonesia.
Tak lama setelah mengumpulnya massa di Hotel Yamato, Residen Soedirman, pejuang dan diplomat yang saat itu menjabat sebagai Wakil Residen (Fuku Syuco Gunseikan) yang masih diakui pemerintah Dai Nippon Surabaya Syu, sekaligus sebagai Residen Daerah Surabaya Pemerintah RI, datang melewati kerumunan massa lalu masuk ke hotel Yamato dikawal Sidik dan Hariyono. Sebagai perwakilan RI dia berunding dengan Mr. Ploegman dan kawan-kawannya dan meminta agar bendera Belanda segera diturunkan dari gedung Hotel Yamato. Dalam perundingan ini Ploegman menolak untuk menurunkan bendera Belanda dan menolak untuk mengakui kedaulatan Indonesia. Perundingan berlangsung memanas, Ploegman mengeluarkan pistol, dan terjadilah perkelahian dalam ruang perundingan. Ploegman tewas dicekik oleh Sidik, yang kemudian juga tewas oleh tentara Belanda yang berjaga-jaga dan mendengar letusan pistol Ploegman, sementara Soedirman dan Hariyono melarikan diri ke luar Hotel Yamato. Sebagian pemuda berebut naik ke atas hotel untuk menurunkan bendera Belanda. Hariyono yang semula bersama Soedirman kembali ke dalam hotel dan terlibat dalam pemanjatan tiang bendera dan bersama Koesno Wibowo berhasil menurunkan bendera Belanda, merobek bagian birunya, dan mengereknya ke puncak tiang bendera kembali sebagai bendera Merah Putih.

" SELAMAT HARI PAHLAWAN "


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




blogging Updated at: 4:24 PM

0 comments:

Post a Comment